Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pencari Kerja Padati Senayan

Kompas.com - 12/01/2011, 15:42 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan pencari kerja memadati acara Spectacular Job Fair di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/2011). Pameran yang diadakan oleh Jobforcareer.com ini diikuti sekitar 200 perusahaan dan membuka ribuan lowongan kerja bagi para pencari kerja dan akan berlangsung hinga 13 Januari.

Yanuar Budiman selaku Koordinator lapangan Job Fair menargetkan di acara ini dalam dua hari didatangi 20.000 pencari kerja. Lowongan dibuka secara merata untuk lulusan SMA, D3, S1, hingga S2.

"Kita menargetkan dari total pencari kerja yang datang ke pameran ini ada sekitar 40 hingga 50 persen orang yang bisa diterima bekerja. Untuk merealisasikan itu, kami membuka lowongan secara merata dari level yang paling bawah hingga manager dan kami juga mengadakan seminar, pelatihan hingga tips untuk memberikan bekal kepada teman-teman pencari kerja saat mencari kerja," kata Yanuar.

Proses pembekalan ini dilakukan oleh panitia karena dari kegiatan job fair yang diadakan sebelumnya, banyak pencari kerja yang melamar tidak dengan persiapan yang memadai.

Menurut Yanuar, pencari kerja memang memiliki pontensi yang bagus dari segi nilai hingga penampilan, namun sedikit dari mereka yang memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia kerja.

"Hal ini yang kemudian menyebabkan teman-teman pencari kerja gagal dalam seleksi, karena banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang sudah berpengalaman. Pengalaman di sini menurut saya tidak mengharuskan pencari kerja memiliki pengalaman kerja selama setahun atau lebih, tapi bisa melalui kerja magang selama beberapa bulan," Katanya.

Menurutnya lagi, banyak pencari kerja yang memasang tinggi nilai jualnya. Ambil contoh seorang lulusan Universitas yang memiliki nilai tinggi, hanya memilih perusahaan-perusahaan besar, kemudian meminta gaji tinggi, padahal yang bersangkutan sama sekali belum memiliki pengalaman kerja.

"Hal seperti ini kemudian membuat perusahaan tidak berani menerima pelamar, ibaratnya mereka (pencari kerja) memiliki senjata tapi tanpa amunisi. Karena itu sangat penting, bagi pencari kerja untuk memiliki pengalaman kerja sesuai dengan bidang kerja yang ingin dia masuki, dan seharusnya proses pembekalan sudah dilakukan pada saat para pencari kerja masih duduk di bangku akademis," katanya.

Untuk memudahkan pencari kerja, Jobforcareer.com menyediakan ruang khusus untuk melakukan interview langsung. Sehingga ketika perusahaan menemukan kandidat yang cocok dalam kegiatan ini mereka bisa langsung melakukan tes lanjutan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com