Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar: Pelantikan Jefferson Sah

Kompas.com - 10/01/2011, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Golkar menilai pelantikan Jefferson Soleiman sebagai Wali Kota Tomohon sah-sah saja. Pasalnya, UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah mengakomodasi pelantikan tersebut meski Jefferson telah ditetapkan sebagai terdakwa kasus korupsi.

Sekretaris Fraksi Golkar Ade Komaruddin mengatakan, persoalan ini tak perlu diperdebatkan secara etika karena aturan hukum mendukungnya.

"Itu kan aturannya juga begitu. Dasar hukum tidak bisa diperdebatkan," katanya di Gedung MPR/DPR/DPD, Senin (10/1/2011).

Golkar sendiri, lanjutnya, tak pernah membahas pelantikan itu etis atau tidak karena mengacu pada aturan hukum. Golkar bahkan mengaku siap jika keputusan pengadilan yang inkracht keluar.

Ke depannya, Ade menegaskan, Golkar akan memperbaiki mekanisme perekrutan dari para kadernya yang akan ditempatkan pada posisi-posisi strategis. Pertimbangan tak hanya melalui survei, tetapi juga rekam jejak calon.

"Yang jelas mekanisme perekrutan bukan hanya survei, tapi Golkar juga suka ada yang kecolongan. Harus ditambahkan adalah track record. Kredibilitasnya seperti apa sebagai pemimpin," katanya.

Apakah kali ini Golkar termasuk kecolongan?

"Dalam kebijakan, ada yang kemudian tidak bisa diprediksi, misalnya apa yang kemudian terjadi dengan saya. Kecuali kami dukun. Kami enggak tahu apa akan terjadi seperti ini, seperti itu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com