Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI: Tak Ada Korban Jiwa di Medan

Kompas.com - 06/01/2011, 12:38 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia Sumatera Utara John Purba menyatakan, pihaknya tidak menemukan korban tewas dalam musibah banjir yang merendam ribuan rumah di Kota Medan dan sekitarnya.

"Hingga pukul 12.00 ini kami belum menerima laporan tentang adanya korban yang tewas," kata John di Medan, Kamis (6/1/2011).

Ia menyatakan, PMI Sumut menyebarkan ratusan relawan di berbagai daerah yang mengalami musibah banjir kali ini. Dalam pemantauan terakhir, termasuk laporan dari relawan di lapangan, belum ditemukan korban tewas, baik karena terseret arus air maupun faktor seperti tersengat arus listrik.

Memang, kata John, pihaknya sempat mendengar informasi tentang dua warga yang hanyut di kanal penanggulangan air dan Sungai Deli. Bahkan, lanjutnya, pihaknya mendapatkan informasi dari sebagian masyarakat yang menyebutkan empat warga tewas karena tersengat arus listrik terkait musibah banjir.

Namun, pihaknya tidak dapat memastikan informasi tersebut karena tidak memiliki bukti yang pasti, termasuk menemukan warga yang dikabarkan hanyut itu. "Untuk sementara, itu semua masih sebatas isu," katanya.

Kepala Bagian Operasional Polresta Medan Komisaris Dadi Purba yang berada di lokasi banjir juga mengaku belum mengetahui adanya korban jiwa. Sebelumnya, warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan, Maimun, menyebutkan, empat warga di Kelurahan Sei Mati meninggal dunia setelah tersengat aliran listrik ketika berupaya menyelamatkan diri di lokasi banjir.

Empat warga yang disebutkan meninggal dunia merupakan penduduk Gang Mangga, Kelurahan Sei Mati, yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari Lingkungan XVIII Kampung Baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com