Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Pengungsi Krisis Air Bersih

Kompas.com - 30/12/2010, 21:35 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengirimkan tim Air Bersih yang beranggotakan lima orang ke tempat pengungsian warga Probolinggo yang terkena imbas abu vulkanik Gunung Bromo.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Apriliyanto, Kamis (30/12/2010) mengatakan, pengiriman tim itu dilakukan karena kebutuhan yang paling mendesak di lokasi pengungsian adalah air bersih.

"Tim tersebut akan bertugas mengolah air di wilayah Probolinggo menjadi air bersih. Kita sudah kirimkan tim pada Kamis pagi dan saat ini tim sudah berkerja," katanya.

Selain mengirimkan tim air bersih, PMI Kabupaten Malang juga mengirimkan satu unit mobil tangki air dan satu mobil pick-up untuk evakuasi pengungsi di wilayah itu.

Ia menilai lingkungan pengungsian warga yang terletak sekitar 4-5 kilometer dari kawah Gunung Bromo itu masih kurang layak.

Pihaknya akan bekerja sama dengan PMI Provinsi Jatim untuk menurunkan tim kebersihan lingkungan ke kawasan pengungsian.

"Selain masalah air, lingkungan di tempat pengungsian juga kurang bagus. Untuk itu, PMI Provinsi Jatim akan mengkoordinasikan masalah ini dengan sejumlah PMI Kabupaten dan Kota," katanya.

Sebelumnya, PMI Pusat menyiagakan tiga unit mobil tangki air berkapasitas 8.000 liter beserta perangkat produksi air bersih yang mampu menghasilkan ribuan liter air untuk membantu kebutuhan air bersih warga Bromo.

Puluhan warga Desa Ngadirejo yang jaraknya sekitar gunung itu telah mengungsi karena karena khawatir letusan susulan akan terjadi lebih besar pada Kamis dini hari.

Warga tersebut ditampung di kantor Kecamatan Sukapura, hotel, dan gedung sekolahan yang merupakan daerah aman dengan radius 15 kilometer dari kawah Gunung Bromo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com