Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tewas Akibat Tanah Longsor

Kompas.com - 28/12/2010, 22:16 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Tanah longsor di Desa Gumelar, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa malam, menewaskan dua warga setempat.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Gumelar Sarnoto mengatakan, bencana tanah longsor tersebut terjadi akibat ambrolnya talud setinggi tiga meter di belakang rumah Sukardi (52), warga Desa Gumelar RT 04 RW 04.

"Talud tersebut ambrol pada pukul 18.30 WIB di saat hujan deras dan material tanah dari atas tebing langsung menimpa rumah Pak Sukardi hingga ambruk," katanya, Selasa (28/12/2010).

Dua anak Sukardi yang sedang berada di dalam kamar, yakni Imam (16) dan Udin (13) tertimpa longsoran tersebut hingga akhirnya meninggal dunia.

"Mereka berdua berada di dalam kamar setelah makan malam. Kebetulan di dalam kamar tidak ada meja untuk berlindung," katanya.

Menurut dia, jenazah Imam dan Udin berhasil dievakuasi oleh warga dengan menggunakan peralatan seadanya, sekitar pukul 20.20 WIB.

Selain merobohkan rumah Sukardi, tanah longsor tersebut juga merusak rumah milik Komaruddin yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.

"Kami juga mendapat informasi jika jalan yang menghubungkan Desa Gumelar dengan Desa Samudra Kulon tertutup tanah longsor. Namun kami belum melakukan pengecekan ke lokasi tersebut," katanya.

Secara terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Ariono Purwanto mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tersebut.

"Saat ini saya sedang menuju lokasi kejadian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com