Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Inikah Pengemis Jalanan?

Kompas.com - 21/12/2010, 15:07 WIB

KOMPAS.com  Dalam laporan akhir tahunnya, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengemukakan, penculikan anak cenderung meningkat. Menurut data, tahun 2009 terdapat 102 pengaduan anak hilang. Adapun jumlah pengaduan tahun 2010 meningkat menjadi 110 kasus.

Komnas PA menduga, ada sindikat besar yang mengendalikan operasi penculikan bayi ini. Beberapa bayi yang hilang dari rumah sakit, klinik bersalin, dan puskesmas memang bisa dicari dan kembali ke pelukan orangtuanya. Namun, jumlah yang masih hilang dan tak diketahui nasibnya lebih banyak.

Berdasarkan catatan Kompas.com, sebagian anak itu kemudian dijual dan diadopsi, baik oleh warga Indonesia maupun asing. Namun, ada juga yang kemudian ditelantarkan dan dibuang atau digunakan untuk kepentingan ekonomi dengan menjadikannya sebagai pengemis jalanan.

Wartawan Kontan, Fransiskus Simbolon, Senin (20/12/2010), mengabadikan seorang bocah kecil berkulit bersih yang diajak mengemis di perempatan Karet Bivak, Pejompongan, Jakarta Pusat, dan juga anak remaja yang menggendongnya.

Belum jelas benar apakah keduanya memang anak-anak dari keluarga kurang mampu yang memang terpaksa mengemis di jalanan, atau dipaksa menjadi pengemis di jalanan. Mungkin Anda mengenali mereka? (M Suprihadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com