Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janur Kuning "Keistimewaan" Hiasi Bantul

Kompas.com - 13/12/2010, 18:15 WIB

BANTUL, KOMPAS.com — Dukungan penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono dan Paku Alam sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga muncul dari rakyat Bantul. Sebagai buktinya, mereka memasang janur kuning di rumah masing-masing sebagai simbol perlawanan.

Janur kuning juga dipasang di sepanjang ruas jalan protokol utama. Secara khusus, janur kuning juga dipasang di pintung gerbang kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Bantul.

Kepala Bagian Humas Bantul Bambang Legowo mengatakan, pemasangan janur menjadi bukti sikap masyarakat Bantul dalam mendukung penetapan Sultan dan Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur.

"Dalam masyarakat Jawa, janur kuning sebagai simbol bagi kalangan tertindas untuk melawan ketidakadilan. Namun, dalam konteks keistimewaan, hal itu menjadi bentuk dukungan penuh," ujarnya.

Ada sekitar 1.000 warga Bantul yang mengikuti jalannya sidang paripurna DPRD DIY. Mereka berangkat bersama Bupati Sri Suryawidati dan Wakil Bupati Sumarno. Sejumlah pegawai negeri sipil juga ikut dalam bergabung bersama warga Bantul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com