Pemerintah Diminta Segera Serahkan Draf

Kompas.com - 13/12/2010, 11:25 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Reaksi besar-besaran yang akan ditunjukkan masyarakat Yogyakarta, Senin (13/12/2010), merupakan respon atas berlarut-larutnya pembahasan RUU Keistimewaan (RUUK) DIY.

Anggota Komisi II asal Fraksi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengatakan, reaksi ini tidak berkelanjutan jika pemerintah segera menyerahkan draf RUUK DIY ke DPR.

Pemerintah menjanjikan akan menyampaikan draf tersebut pekan lalu. Namun, hingga Jumat (10/12/2010), draf itu belum juga diserahkan ke DPR. "DPR sikapnya jelas, menunggu dan meminta agar draf nya segera dikirim. Kami sudah memperkirakan (aksi besar di Yogyakarta) kejadian ini akan terjadi kalau draf belum dikirim. Jadi publik berspekulasi dan akhirnya berreaksi," kata Ganjar di Gedung DPR, Jakarta, menanggapi aksi besar yang akan mewarnai Sidang Paripurna DPRD DIY pada hari ini.

Pemerintah, lanjut Ganjar, harus tegas jika memang menginginkan pemilihan langsung untuk memilih Gubernur DIY. Tidak diserahkannya draf tersebut akan memunculkan pernyataan-pernyataan yang bias dan bisa membuat situasi semakin meruncing. "Dan reaksi di Yogyakarta pada hari ini saya yakin tidak akan terjadi," ujarnya.

Aksi dan keputusan yang akan diambil DPRD DIY pada hari ini, menurut Ganjar, tidak dalam konteks menekan pemerintah. "DPRD DIY melakukan itu karena menampung aspirasi dari bawah dan mereka tidak bisa diam. Bukan soal tekan menekan. Pesan itu yang harus ditangkap oleh pemerintah pusat," kata Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.