DPRD DIY Tidak Undang Sultan

Kompas.com - 13/12/2010, 10:54 WIB
EditorErlangga Djumena

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — DPRD DI Yogyakarta tidak mengundang Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dalam Sidang Paripurna DPRD DIY, dengan agenda penentuan sikap DPRD DIY tentang keistimewaan DIY, Senin (13/12/2010).

Anggota Badan Musyawarah DPRD DI Yogyakarta, Arif Budiono, mengungkapkan, DPRD sepakat tidak mengundang pihak eksekutif, yaitu Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY. "Ini karena Sidang Paripurna DPRD DIY hari ini murni merupakan agenda politik DPRD. Sidang paripurna ini nanti murni agenda dewan untuk menentukan sikap DPRD DIY dalam rangka meneruskan aspirasi masyarakat Yogyakarta tentang penetapan," ungkap Arif.

Ia mengatakan, keputusan DPRD tidak mengundang eksekutif sudah lazim dilakukan apbila materi sidang berkaitan dengan internal DPRD. "Jadi cukup DPRD saja karena sidangnya soal sikap politik DPRD meskipun jika mengundang Gubernur juga tidak ada larangan," kata Arif.

Sebelumnya, Sultan Hamengku Buwono X menyatakan tidak mendapat undangan DPRD DIY untuk menghadiri rapat paripurna tentang penentuan sikap politik DPRD mengenai keistimewaan DIY, Senin ini. Sultan mengatakan, apabila diundang, ia siap hadir.

Diprediksi hasil keputusan dalam Sidang Paripurna DPRD DIY hari ini menghasilkan keputusan mendukung penetapan Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Sebagian besar fraksi di DPRD DIY sudah menyatakan mendukung penetapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.