Demi Sultan, Tukang Becak Pun Demo

Kompas.com - 13/12/2010, 10:30 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wilem Jonata dan Hanan Wiyoko

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan orang dari berbagai elemen berbaur dengan warga bakal membanjiri kantor DPRD DIY di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (13/12/2010) siang ini. Mereka datang untuk memantau dan menuntut DPRD DIY yang menggelar sidang paripurna agar menentukan sikap atas RUU Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibahas DPR.

Tercatat sejumlah elemen bakal turun ke jalan, antara lain, Paguyuban Kepala Desa se-Yogyakarta, Paguyuban Kepala Dusun se-Yogyakarta, Paguyuban Tukang Becak dan Wisata se-Yogyakarta, Forum Komunikasi Seniman se-DIY. Paguyuban Tri Dharma, Pemalni, Komunitas Juru Parkir, Patma, Handayani, Pamarta, Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM), Paguyuban Pengusaha Malioboro (PPM), dan Paguyuban Pengusaha Ahmad Yani (PPAY), tak mau ketinggalan beraksi.

Para pedagang, tukang becak, juru parkir, hingga mahasiswa juga akan memenuhi kantor DPRD. Bahkan, janda-janda yang tergabung dalam Persaudaraan Janda-janda Indonesia (PJJI) pun berdemonstrasi. "Kami bersama kepala dusun akan beraksi demi penetapan Sultan sebagai Gubernur DIY," tegas Sugiman, Ketua Paguyuban Kepala Dusun se-DIY kemarin.

Para pedagang di kawasan Malioboro dan A Yani pun memilih menutup dagangannya supaya bisa ikut demonstrasi. "Kami siap ikut demo. Ikhlas saja kalau harus libur sehari. Kami mendukung penetapan Sultan (Sultan Hamengku Buwono X) sebagai gubernur," kata dua pedagang kaki lima, Sumiyati (37) dan Eko (32).

Pedagang batik dan cendera mata anggota Tri Dharma itu mengaku bisa kehilangan omzet Rp 100.000-Rp 300.000 jika menutup dagangannya. "Demi solidaritas, kami rela. Ikhlas," ujarnya kemudian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.