Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hacker" Pro-WikiLeaks Ditangkap di Belanda

Kompas.com - 10/12/2010, 10:52 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Seorang peretas atau hacker yang diduga terlibat dalam serangan ke situs Mastercard dan Paypal ditangkap aparat berwenang di Belanda. Ia dituduh sebagai bagian dari kelompok bawah tanah pendukung WikiLeaks yang melancarkan operasi balas dendam terhadap situs yang dianggap menghalangi WikiLeaks.

Pihak berwenang Belanda, Kamis (9/12/2010), mengatakan, pelaku adalah seorang pria berusia 16 tahun, tetapi mereka tidak menyebutkan identitasnya. Ia ditangkap di Hague, Rabu malam, dan akan langsung dihadapkan ke pengadilan pada Jumat hari ini. Mereka menangkap pemuda tersebut dari penyelidikan setelah mendapat laporan bahwa salah satu sumber serangan berasal dari Belanda.

Sebelumnya, situs Paypal dan Mastercard merupakan bagian dari target serangan DDoS (distributed denial of service) yang dikobarkan kelompok peretas yang menamai diri sebagai Anonymous dan 4Chan. Kedua penyedia layanan transaksi keuangan tersebut menutup akses ke akun donasi bagi WikiLeaks yang didirikan Julian Assange karena dianggap melanggar aturan penggunaan layanan. Tindakan tersebut memicu simpati kelompok peretas yang kemudian melancarkan aksi balas dendam dengan kode Operation Payback atau Operation Avenge Assange.

Seperti dikabarkan, WikiLeaks menjadi sorotan sejak mereka mengumumkan akan mengungkap lebih dari 250.000 dokumen rahasia diplomatik AS. Hal tersebut memicu kemarahan Pemerintah AS dan sejumlah negara. Bahkan, tekanan tersebut membuat Amazon menolak menjadi hosting untuk situs WikiLeaks. EveryDNS yang sebelumnya menyediakan alamat domain untuk WikiLeaks juga memutus akses sehingga situs pengungkap aib tersebut terpaksa ganti alamat dan menempatkan konten ke sejumlah server di berbagai negara. WikiLeaks juga beberapa kali menjadi target serangan DDoS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com