Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keraton Tak Merasa Diteror

Kompas.com - 07/12/2010, 18:07 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pihak Keraton Kasunanan Surakarta yakin bahwa bom yang ditemukan di depan Mapolsek Pasar Kliwon, di area kompleks keraton, Selasa (7/12/2010) pagi, tak dimaksudkan untuk meneror keraton. Sebab, pihak Kasunanan merasa tidak punya musuh dan tidak mendapatkan ancaman apa pun.

"Mudah-mudahan tidak dimaksudkan untuk kami. Kami merasa tidak punya musuh," kata salah satu sentana dalem (anggota keluarga) Keraton Kasunanan, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Edy Wirabumi, kepada Tribun Jogja di Kantor Keraton Kasunanan Surakarta.

Saat ditanya mengenai pihak yang mungkin meletakkan bom berdaya ledak rendah tersebut, Eddy tak mau menduga-duga, "Kalau ada yang suka (berbuat begitu), bisa dikira-kira sendiri," katanya.

Menantu almarhum Paku Buwono XII yang mengenakan baju batik biru itu mengatakan baru pertama kali ini ada bom di kompleks keraton. "Kalau berupa ancaman kami pernah mendapatkan. Itu waktu pengangkatan (pengangkatan Hangabehi sebagai Paku Buwono XIII),” katanya.

Mengenai pengamanan kirab pusaka, yang akan dilakukan Selasa (7/12/2010) malam, Wirabumi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak keamanan. “Sekitar 2000 petugas keamanan telah diturunkan dari pagi tadi hingga ritual selesai nanti," katanya. (Tribun Jogja/Obed Doni Ardiyanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com