Rel Tergenang, KA Tertunda Empat Jam

Kompas.com - 03/12/2010, 21:15 WIB
EditorI Made Asdhiana

SURABAYA, KOMPAS.com - Banjir yang menggenangi beberapa kawasan Surabaya sempat melumpuhkan perjalanan kereta api jurusan Surabaya-Jakarta karena ruas rel sepanjang 800 meter dari Stasiun Kandangan menuju Tandes tergenang. Akibatnya, perjalanan empat kereta api tertunda selama lebih dari empat jam.

Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VIII Surabaya, Sri Winarto mengatakan, pada Jumat (3/12/2010) sekitar pukul 04.00, petugas penilik jalan rel kereta api antara Stasiun kandangan-Tandes melaporkan munculnya genangan air setinggi 35 sentimeter (cm) dari rel. Karena itu, seluruh perjalanan kereta api rute Surabaya-Jakarta terhambat mulai pukul 04.00-08.15.

"Batas toleransi genangan air untuk lokomotif seri CC hanya 10 cm, karena itu perjalanan kereta untuk sementara kami tunda. Setelah pukul 08.15 ketinggian air surut menjadi 11 cm dan kereta dapat dijalankan namun kecepatannya dibatasi hanya lima kilometer per jam," kata Winarto, di Surabaya.

Sebanyak empat kereta api yang perjalanannya tertunda akibat banjir adalah Kertajaya, Gumarang, Sembrani, dan Argo Anggrek. Setelah genangan air surut, PT Kereta Api Daerah Operasi VIII tetap membatasi kecepatan maksimal hanya 20 kilometer per jam dari kecepatan normal sekitar 80 kilometer per jam.

"Masinis tetap kami imbau mengurangi kecepatan karena bagian kanan-kiri rel masih tergenang air. Selain itu, di beberapa ruas rel juga terjadi penggerusan batu balas (kerikil)," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.