Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Sumbang 100.000 Dollar AS

Kompas.com - 02/12/2010, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Thailand memberikan sumbangan kemanusiaan guna mendukung rekonstruksi pascabencana erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, senilai 100.000 dollar AS, Kamis (2/12/2010).

Sumbangan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Duta Besar Thailand untuk Indonesia Thanatip Upatising kepada Wakil Menteri Luar Negeri RI Triyono Wibowo di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. "Kami atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas bantuan pemerintah Thailand bagi korban bencana di Kepulauan Mentawai dan Gunung Merapi di Jawa Tengah" ujar Wamenlu RI pada siaran pers.

Dubes Thanatip, pada kesempatan tersebut, kembali menyampaikan simpati dan duka cita pemerintah Thailand atas bencana alam tersebut. Dubes Thanatip yakin pemerintah dan rakyat Indonesia mampu mengatasi kesulitan yang dihadapi. Dana tersebut selanjutnya disalurkan ke rekening Badan Nasional Penanggulangan Bencara.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri RI, yakni Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktur Asia Timur dan Pasifik, dan Direktur Informasi dan Media, serta perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penyerahan bantuan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri Thailand, H.E. Kasit Piromya, pada tanggal 28 Oktober 2010 di sela-sela pertemuan KTT ASEAN ke-17 di Hanoi, Viet Nam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com