Sambut Hari AIDS Dengan Pita 500 Meter

Kompas.com - 28/11/2010, 21:52 WIB
EditorBenny N Joewono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta berhasil memecahkan rekor MURI dengan membuat pita merah sepanjang 500 meter dalam rangka menyambut Hari AIDS Internasional.

"Pita merah sepanjang 500 meter itu telah mengalahkan rekor sebelumnya, yakni pita terpanjang yang dibuat ITB sepanjang 200 meter," kata ketua panitia acara Fabiola Supit di Yogyakarta, Minggu (28/11/2010).

Kegiatan itu bertujuan untuk lebih menggugah kesadaran kepada mahasiswa dan generasi muda terhadap bahaya HIV/AIDS yang kian mengancam.

Warna pita merah selama ini sudah menjadi kesepakatan internasional sebagai lambang AIDS.

Pita dengan panjang 500 meter dan lebar sekitar 1,5 meter itu diperoleh dari donatur yang membeli kain kepada mahasiswa sebesar Rp 10.000 per meter.

Hasil pengumpulan dana lebih dari 500 orang itu kemudian dibelikan kain sepanjang 500 meter.

"Pita merah sepanjang 500 meter yang telah berhasil memecahkan rekor Muri itu akan dijual dan dananya disumbangkan kepada para korban bencana erupsi Gunung Merapi," katanya.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UGM Ali Gufron Mukti mengatakan, persoalan HIV/AIDS saat ini menjadi perhatian dunia karena penyebarannya yang terus merebak, termasuk di Indonesia.

Penyakit itu merebak karena perilaku sehat masyarakat khususnya masih kurang sehingga mudah terinfeksi HIV/AIDS baik melalui hubungan seks maupun jarum suntik.

Pihaknya berharap kesadaran masyarakat terhadap bahaya HIV/AIDS semakin besar.

"Dengan pemecahan rekor Muri pita merah dengan panjang 500 meter itu diharapkan bisa kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap penularan HIV/AIDS," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.