Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Gebang Jadi Museum Bung Karno

Kompas.com - 28/11/2010, 09:01 WIB

BLITAR, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur, akan meminta bantuan anggaran dari dana APBN untuk memugar kompleks Istana Gebang, rumah masa kecil Presiden Bung Karno, menjadi bangunan museum.

“Khusus bangunan induk tetap dibiarkan seperti semula,” ujar Wali Kota Blitar Samanhudi, terkait kepastian pembelian Istana Gebang oleh Pemkot Blitar dan Pemprov Jatim dari pihak ahli waris seharga Rp 35 miliar. 

Menurut Samanhudi, di Museum Bung Karno nanti secara khusus akan dipajang benda-benda dan peninggalan yang terkait kehidupan Bung Karno sejak masa kecil sampai akhir hayatnya.

“Banyak sekali benda dan barang peninggalan Bung Karno yang tersebar di mana-mana. Nanti kami kumpulkan di museum,” ujarnya.

Usaha menghimpun peninggalan Bung Karno tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga Pemkot Blitar perlu meminta tambahan anggaran dari APBN. Selain itu, pemindahan barang ke Blitar dipastikan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Samanhudi mencontohkan, pemindahan koleksi pesawat tempur yang dibeli semasa pemerintahan Bung Karno dari Yogyakarta ke Blitar bakal membutuhkan biaya besar. Demikian pula untuk menghimpun peninggalan lainnya, mulai dari sepeda, sepeda motor, hingga mobil yang pernah digunakan Bung Karno, semua ini membutuhkan sejumlah biaya.

Keberadaan Museum Bung Karno nanti diharapkan semakin melengkapi paket wisata sejarah yang ada di Kota Blitar, selain makam Bung Karno di Bendogerit.

Di areal Istana Gebang ini, setiap tanggal 6 Juni diselenggarakan haul dan berbagai macam kesenian yang selalu didatangi banyak pengunjung.

Salah satu acara tahunan yang digelar Pemkot Blitar itu adalah Grebeg Pancasila. Keluarga Soekarno juga masih sering berkumpul di istana ini.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo memang telah berencana untuk membeli Istana Gebang dari ahli waris. Pembelian Istana Gebang dimaksudkan untuk melestarikan bangunan bersejarah yang ada di Jatim.

Gubernur berharap, seluruh bangunan bersejarah yang ada di Jatim bakal dilestarikan, apalagi di Jatim terdapat makam tokoh-tokoh penting. Selain makam Bung Karno di Blitar, ada makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Blitar M Hadi Maskun menambahkan, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran sekitar Rp 100 miliar untuk keperluan renovasi bangunan Istana Gebang. “Mudah-mudahan anggaran untuk renovasi tidak meleset,” harapnya. (DIM/ARU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com