Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bantul Bersihkan Material Vulkanik

Kompas.com - 27/11/2010, 14:50 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Ratusan warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari berbagai lapisan, Sabtu (27/11/2010), menggelar kerja bakti membantu membersihkan sisa material vulkanik letusan Gunung Merapi di sejumlah tempat di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Ketua Panitia Bakti Sosial Kabupaten Bantul untuk korban letusan Gunung Merapi Misbakul Munir mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dari warga yang juga pernah mengalami bencana alam yakni gempa bumi pada 27 Mei 2006.

"Kami dulu juga pernah mengalami bencana gempa bumi dasyat dan banyak bantuan dari para relawan, sekarang ini saatnya warga Bantul yang dahulu menderita akibat bencana gempa bumi membalas kebaikan warga Sleman," katanya.

Ia mengatakan, aksi kerja bakti ini diutamakan pada sarana prasarana umum yang sangat dibutuhkan warga dan juga rumah-rumah warga yang ada di sekitar sarana-prasarana umum tersebut.

"Bakti sosial ini kita targetkan selesai hari ini dan selanjutnya rombongan warga Bantul akan kembali lagi ke rumahnya masing-masing," katanya.

Bakti sosial ini masyarakat Bantul ini di antaranya dilakukan di Balai Desa Purwobinangun, Candibinangun, Harjobinangun, Pasar Pekam, Terminal Pakem dan posko utama Kecamatan Pakem.

Bupati Bantul Sri Suryawidati yang juga turut kerja bakti untuk masyarakat Sleman korban erupsi Gunung Merapi mengatakan masyarakat Sleman saat terjadi bencana alam gempa bumi sangat banyak membantu warga Bantul.

"Saat ini mereka sedang susah akibat bencana Gunung Merapi dan warga Bantul ingin membalas budi atas kebaikan masyarakat Sleman. Bakti sosial ini murni dari keinginan masyarakat Bantul yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Bantul," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com