Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Anggarkan Bantuan Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 19/11/2010, 21:46 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar, menganggarkan jaminan hidup untuk para korban tsunami senilai Rp 1,5 miliar dalam APBD Perubahan 2010 untuk diberikan pada setiap kepala keluarga.

"Kami sudah menyepakati pengalokasian untuk jaminan hidup korban tsunami senilai Rp 1,5 miliar dalam APBD perubahan yang merupakan masuk pada alokasi biaya tak terduga," kata Ketua DPRD Mentawai, Hendri Dori Satoko, Jumat (19/11/2010).

Hendri menjelaskan, pemberian jaminan hidup terhadap korban tsunami masing-masing kepala keluarga akan mendapatkan dana sebesar Rp 3 juta.

Jadi, direncanakan pencairan dana jaminan hidup terhadap warga yang terkena dampak tsunami pada Desember 2010 dan mekanismenya akan diserahkan langsung, yang jumlahnya masih dilakukan validasi data.

"Stimulan dari Pemkab Mentawai terhadap korban tsunami hanya diberikan satu tahap. Mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban masyarakat pasca dilanda bencana," katanya.

Ketua DPRD Mentawai menyampaikan pada 2011 mendatang Pemkab Mentawai telah menganggarkan dana kebencanaan dalam APBD.

Jadi, dana nantinya sebagai antisipasi dalam menghadapi bencana, pengalokasian di antaranya untuk pencadangan sejumlah kebutuhan pokok di titik dusun rawan bencana.

"Ketika terjadi bencana sehingga masyarakat tidak kekurangan bahan pangan menjelang masuknya bantuan dari berbagai pihak," katanya.

Menyinggung pembangunan hunian sementara untuk korban tsunami Mentawai, Hendri mengatakan, lokasi dan jumlahnya sudah ditetapkan dan diyakini pengerjaannya bisa selesai menjelang perayaan natal 2010.

Percepatan pengerjaan itu, karena banyaknya tenaga, seperti dari anggota TNI, relawan dan masyarakat setempat.

Kemudian material pembangunan hunian sementara, berupa seng, paku dan triplek sudah sampai, kecuali material kayu olahan yang merupakan bantuan dari BNPB dan PMI.

Menyinggung relokasi sebagian korban tsunami Mentawai, Hendri menanggapi, pihaknya akan melakukan di kawasan Hak Penebangan Hutan (HPH) dengan jumlah sekitar 810 KK yang masih menunggu petunjuk penggunaan lahan dari pemerintah pusat.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, total warga Mentawai yang direlokasi tercatat 1.631 unit rumah dibeberapa titik di Kecamatan Pagai Selatan, Pagai Utara, Sikakap dan Sipora Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com