Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mgr Pujasumarta Uskup Agung Semarang

Kompas.com - 12/11/2010, 22:59 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI di Takhta Suci Vatikan menunjuk Mgr Johannes Pujasumarta untuk menjabat sebagai Uskup Agung Semarang.

Administrator Keuskupan Agung Semarang, Romo Pius Riana Prapdi, di Semarang, Jumat (12/11/2010), mengatakan, pengangkatan Pujasumarta tersebut telah diumumkan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girreli.

Ia mengatakan, Pujasumarta sebelumnya menjabat sebagai Uskup Agung Bandung.

"Pujasumarta selanjutnya akan mengisi jabatan Uskup Agung Semarang yang telah beberapa waktu kosong karena pejabatnya Mgr Ignatius Suharyo ditunjuk Vatikan sebagai Uskup Agung Jakarta," katanya.

Menurut dia, surat keputusan tentang pengangkatan Pujasumarta kemungkinan baru akan ditetapkan sekitar satu bulan yang akan datang.

Jabatan Uskup Agung Bandung, katanya, untuk sementara akan dijabat oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo.

Hingga saat ini, katanya, dirinya belum dapat mengungkapkan berbagai hal lain yang berkaitan dengan proses pengangkatan Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang.

Pujasumarta lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 27 Desember 1949. Ia mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, pada 1963.

Romo yang menyandang gelar doktor spiritualitas dari Universitas St Thomas Aquinas Roma pada 1987 itu menjabat sebagai Uskup Agung Bandung sejak 2008.

Sebelum sebagai Uskup Agung Bandung, Pujasumarta menjabat sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com