Memo Wali Kota Salatiga Diperiksa

Kompas.com - 12/11/2010, 04:30 WIB
Editor

Semarang, Kompas - Kepolisian Daerah Jawa Tengah akan menyelidiki memo yang dikeluarkan Wali Kota Salatiga John Manoppo terkait lelang proyek pembangunan Jalan Lingkar Salatiga yang merugikan negara Rp 12,23 miliar. Polisi akan mendalami apakah memo itu dikeluarkan sesuai aturan.

Demikian penjelasan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Edward Aritonang di Semarang, Kamis (11/11). Penyidik telah berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng terkait dengan hasil audit.

Sebelumnya BPKP Jateng menemukan kerugian negara Rp 12,23 miliar atas pembangunan Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Proyek berpagu Rp 49,21 miliar itu ditangani Dinas Pekerjaan Umum Salatiga.

BPKP menemukan penyimpangan atas keputusan pejabat pembuat komitmen 19 Agustus 2008. Belakangan diketahui wali kota memberi disposisi kepada Kepala DPU Salatiga Saryono untuk memenangkan PT KKI (Kompas, 16 Februari 2009).

Menurut Aritonang, hasil koordinasi akan ditindaklanjuti penentuan langkah penyelidikan. ”Memo itu nanti termasuk penyelidikan kami. Contohnya kalau anggaran mau tutup atau tidak ada waktu. Apa ada aturan memperbolehkan?” ujarnya.

Wali Kota Salatiga John Manoppo tidak merespons saat hendak dikonfirmasi melalui telepon genggam. Sementara Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Salatiga Ardiyantara mengatakan, sudah pernah ada pemeriksaan dari Polda Jateng untuk klarifikasi dan pengumpulan data di DPU. (GAL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.