Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan: Kondisi Yogyakarta Aman

Kompas.com - 11/11/2010, 21:35 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Wilayah Yogyakarta dalam kondisi aman meskipun Gunung Merapi masih berstatus Awas.

"Saya sampaikan kepada masyarakat Yogyakarta maupun di luar kota bahwa Yogyakarta tetap aman sehingga tidak perlu khawatir atau takut dan tetap tenang," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Kamis (11/11/2010).

Menurut dia, daerah yang tidak mungkin dimasuki adalah daerah yang masih dinyatakan dalam keadaan bahaya, yakni yang berada dalam radius 20 kilometer dari puncak Merapi.

"Hal itu sesuai dengan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," katanya.

Di luar radius berbahaya tersebut, kehidupan masyarakat berjalan normal dan baik sehingga tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan di Yogyakarta.

"Kehidupan masyarakat yang berjalan normal tampak dari aktivitas di pasar tradisional, pertokoan, dan mal, kunjungan orang asing seperti turis dan tenaga ahli yang ingin belajar mendalami Merapi," katanya.

Menurut dia, masyarakat yang ingin berkunjung ke Yogyakarta tidak perlu ada rasa khawatir dan takut karena daerah yang berbahaya hanya yang berada dalam radius 20 kilometer dari puncak Merapi.

"Sepanjang masyarakat berada di daerah atau radius aman, tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan. Oleh karena itu, silakan datang ke Yogyakarta tanpa rasa takut," kata Sultan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com