Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Muntilan Mati, Ekonomi Lumpuh

Kompas.com - 09/11/2010, 08:49 WIB

MUNTILAN, KOMPAS.com - Ketiadaan listrik di Muntilan menjadi salah satu sebab yang melumpuhkan kegiatan ekonomi warga, dan tidak bisa diatasi oleh PLN daerah tersebut. Karenanya PLN pusat harus segera bertindak mengatasi hal tersebut dan menghindari masalah lebih besar.

Demikian disampaikan rohaniwan Katholik, Romo Kirjito Pr, yang bertempat tinggal di Muntilan. Menurutnya, listrik wilayah Muntilan sampai perbatasan dengan Yogyakarta padam akibat letusan Merapi. Berdasarkan keterangan warga, listrik sudah mati sebelum letusan Jumat (7/11/2010). 

Pantauan Kompas.com ditambah keterangan warga, sejak Minggu (7/11/2010) sampai Senin (8/11/2010), kegiatan ekonomi di wilayah tersebut, terutama di jalan utama Yogyakarta-Magelang lumpuh. Warga berusaha mengatasi masalah itu dengan menggunakan diesel milik pribadi, meski tidak memadai.

"PLN daerah tak bisa mengatasi masalah ini. PLN pusat harus turun tangan, dengan alat, trafo, kabel, atau tenaga ahli," ujar Romo Kirjito. "Bila tidak segera diatasi, masyarakat yang sebetulnya tidak menjadi korban langsung Merapi juga terancam karena tidak berkegiatan ekonomi," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com