Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Tanggap Darurat Diperpanjang

Kompas.com - 08/11/2010, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan, masa tanggap darurat Mentawai yang berakhir pada Senin ini diperpanjang dua minggu lagi.

"Setelah rencana induk tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi selesai pada minggu pertama Desember, tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi itu bisa dijalankan pada awal 2011," kata Armida saat memberikan keterangan pers di kantor Wapres, Senin (8/11/2010). Dalam jumpa pers itu, Armida didampingi Sekretaris Utama BNPB Fatchul Hadi.

Menurut Armida, belajar dari pengalaman gempa dan tsunami lalu, maka lokasi permukiman penduduk akan dijauhkan dari bibir pantai antara 2,5 dan 3 kilometer. Lokasi permukiman juga ditinggikan 15 meter di atas daratan.

"Opsi lainnya, di luar permukiman baru atau akan dibangun escape building di ketinggian 20 meter, yaitu jika terjadi tsunami, penduduk mengamankan diri dulu ke escape building dan setelah aman baru kembali ke permukimannya," urai Armida.

Armida menambahkan, berdasarkan laporan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, sisa dana cadangan penanggulangan bencana di APBN-P 2010 tercatat tinggal Rp 1 triliun lebih dari sebelumnya Rp 4 triliun.

Adapun Menteri Sosial Salim Segaf Al'Jufrie mengatakan, dana yang diperkirakan untuk tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi Mentawai mencapai Rp 200 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com