Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Kecamatan di Magelang Lumpuh

Kompas.com - 08/11/2010, 03:13 WIB

MAGELANG, KOMPAS - Kota Kecamatan Muntilan dan delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang lumpuh selama lima hari terakhir akibat letusan Gunung Merapi. Listrik padam total dan pertokoan, warung, serta pasar tutup. Sejumlah sekolah dan perkantoran diliburkan karena menjadi tempat pengungsian.

Dari pemantauan Kompas, delapan kecamatan di Magelang yang lumpuh itu adalah Kecamatan Borobudur, Mungkid, Muntilan, Salam, Ngluwar, Sawangan, Srumbung, dan Dukun. Penduduk terus dilanda ketegangan karena ancaman banjir lahar dingin, abu vulkanik, dan pasir. Sementara itu, bunyi gemuruh dan getaran letusan Merapi terus mencekam penduduk.

Gemuruh letusan Merapi juga terdengar di pedesaan sekitar 7-20 kilometer di seputar Merapi, seperti Desa Tempel, Kadisobo, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Ngaglik, Depok (di Kabupaten Sleman); Kemalang, Jatinom, Gemampir, Tulung (Klaten); serta Musuk, Cepogo, dan Selo (Boyolali). Desa-desa dan kawasan lereng Merapi di Jawa Tengah maupun DIY itu pada umumnya telah dikosongkan demi pertimbangan keselamatan.

Abu vulkanik setebal 5-7 sentimeter juga menjadi ancaman, penyebab puluhan atap rumah runtuh dan korsleting listrik. Korsleting juga dipicu tumbangnya pohon-pohon yang menimpa kabel-kabel listrik.

”Ini situasi paling menakutkan dalam sepuluh hari terakhir. Sulit saya gambarkan. Desa saya mati. Gelap. Sunyi. Bunyi gemuruh. Angin,” kata Tanto Mendut, seniman dari Kecamatan Mungkid, Jumat malam, melukiskan suasana tiga malam terakhir.

Puluhan tempat pengungsian di Muntilan dan Kabupaten Magelang terpaksa hanya menggandalkan generator dan lilin sebagai sumber penerangan. Warga yang ingin mengisi ulang baterai telepon seluler harus ke Kantor Telkom Muntilan yang menyediakan tempat pengisian ulang.

Heriyanto (53), pengungsi asal Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, mengatakan, warung-warung dan toko-toko yang tutup mengakibatkan pengungsi kesulitan mencari tambahan keperluan hidup. Listrik mati menyebabkan pengungsi kekurangan air bersih. ”Kami berharap pemerintah memberi bantuan air bersih dan PLN segera mengatasi listrik yang mati,” katanya.

Ancaman banjir

V Kirdjito, aktivis lingkungan dari Dusun Tutup Ngisor, Kecamatan Srumbung, Magelang, melaporkan, Minggu siang, awan panas dan lahar dingin kembali mengguyur wilayah barat Merapi. Aliran lahar dingin membanjiri Sungai Talun, Sungai Senowo, dan Sungai Lamat.

Sungai Senowo dan Sungai Lamat adalah dua sungai yang melewati wilayah Kota Muntilan. Sungai Senowo melewati daerah Prumpung, pusat kerajinan patung di Muntilan, dan Sungai Lamat melewati sekitar terminal bus Kota Muntilan. Menurut penduduk setempat, aliran lahar dingin membawa serta material berupa batu-batu vulkanik berdiameter 2 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com