Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Lebih Rentan terhadap Aktivitas Merapi

Kompas.com - 06/11/2010, 16:44 WIB

KOMPAS.com — Merapi tak hanya memberi kehidupan kepada manusia yang ada di sekitarnya, tetapi juga pada beberapa hewan, salah satunya burung. Sebanyak 150 hingga 200 spesies burung bergantung pada Merapi untuk tinggal, mendapatkan makanan, dan bereproduksi.

Aktivitas Merapi yang telah berlangsung lebih dari seminggu dipastikan mengganggu kelangsungan hidup burung yang ada. Ign Pramana Yuda PhD, pakar burung dari Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, mengungkapkan, burung jauh lebih rentan menghadapi aktivitas Merapi.

"Selama Merapi beraktivitas, mereka sangat kekurangan sumber pangan karena tidak ada yang merawat. Jadi, mereka jauh lebih menderita," kata Yuda.

Pramana menuturkan, tidak semua burung mampu menanggapi dengan cepat bencana Merapi. Dia menjelaskan, burung-burung sejenis raptor, seperti elang, mungkin dengan cepat mampu terbang ke daerah lain. Namun, beberapa burung endemik Merapi yang masih hidup, tetapi tidak bisa terbang jauh akan sangat terpengaruh oleh aktivitas Merapi yang di luar biasanya ini.

Lebih lanjut, dia mengatakan perlunya penanganan pasca-aktivitas Merapi untuk melanjutkan program konservasi burung. Hal itu perlu karena proses pemulihan lingkungan ke kondisi semula secara alami mungkin berlangsung dalam jangka waktu yang tidak bisa dipastikan. Bantuan manusia diperlukan dalam hal ini.

"Mungkin perlu adanya restorasi habitat. Misalnya, dengan menanam beberapa spesies pohon yang selama ini tumbuh di Merapi," ujar Pramana yang lulus dari School of Marine and Tropical Biology James Cook University ini.

Penanaman pohon itu mungkin bisa membantu pemulihan habitat sehingga burung-burung yang tadinya juga "mengungsi" ke daerah lain bisa kembali ke Merapi.

Pemulihan lingkungan pasca-aktivitas Merapi memegang peranan penting dalam upaya pemuliaan burung. Sebagaimana diketahui, Merapi menjadi habitat bagi beberapa jenis burung yang sekarang tergolong sebagai spesies yang dilindungi. Salah satu jenis spesies burung yang dilindungi adalah elang jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com