Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kumpulkan 15 Potongan

Kompas.com - 04/11/2010, 14:39 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Barelang menghimpun potongan dan serpihan dari komponen pesawat Quantas Ariways yang tersebar di Kecamatan Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau. Hingga Kamis (4/11/2010) sore, 15 potongan dan serpihan telah dikumpulkan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Barelang Komisaris Besar Eka Yudha Satriawan, mengatakan, semua serpihan telah diamankan di Markas Polresta Barelang. Barang bukti itu selanjutnya akan menjadi bahan investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Potongan tersebut ada yang menyerupai aluminium yang strukturnya seperti sarang lebah. Ada pula yang berupa potongan besi. Potongan terbesar ada yang sekitar 1,5 x 1 meter.

Menurut Kepala Bandara Hang Nadim Batam Hendro Harijono, sedianya tim dari KNKT akan tiba di Batam pada Kamis sore ini. Adapun pihak dari Qantas belum memberikan konfirmasi apa pun kepada pihak Bandara Hang Nadim, Batam.

Sebagaimana dikemukakan Hendro, potongan dan serpihan komponen pesawat yang jatuh di Batam tersebut dipastikan komponen Qantas bernomor penerbangan Q-032 dari Bandara Internasional Changi di Singapura tujuan Sidney, Australia.

Kerusakan mesin terjadi setelah Qantas lepas landas dari Changi. Diperkirakan, muncul ledakan kecil di pesawat hingga merontokkan sejumlah komponen. Pesawat akhirnya mendarat kembali di Changi dengan selamat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com