Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Penambang Pasir Ganggu Evakuasi

Kompas.com - 01/11/2010, 18:56 WIB

 

KLATEN, KOMPAS.com- Sejumlah pengungsi yang mencoba kembali ke dusunnya, Senin (1/11/2010) pagi tadi sempat terjebak dan tidak bisa kembali ke lokasi pengungsian ketika Gunung Merapi kembali meletus pukul 10.23.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, sekitar pukul 08.30, sejumlah warga Desa Balerante, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Klaten, meninggalkan lokasi pengungsian di Lapangan Bawukan untuk menengok rumahnya masing-masing.

Ketika kemudian Merapi meletus, mereka kesulitan untuk kembali ke lokasi pengungsian. Sebab, jalur evakuasi sepanjang 10 kilometer tertutup oleh kendaraan truk-truk pengangkut pasir yang bandel dan tetap beroperasi.

Menurut Wurjanto, warga Desa Balerante, saat Merapi meletus lagi banyak warga masih mencari rumput di ladang. Mereka langsung kabur dan berlarian turun ke bawah. Ada yang lari, ada yang kabur menggunakan sepeda motor, namun upaya evakuasi juga tidak lancar, karena jalan jalur evakuasi dipenuhi truk-truk penambang pasir yang menolak minggir saat warga panik melihat gumpalan awan panas menyelimuti langit di atas dusun mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com