Presiden Pilih Kunjungi Korban Merapi

Kompas.com - 01/11/2010, 18:02 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membatalkan jadwal state dinner atau jamuan makan malam kenegaraan bersama Perdana Menteri Australia Julia Gillard pada Selasa (2/11/2010) besok malam. Pasalnya, pada Selasa pukul 14.00, Presiden bertolak ke Yogyakarta untuk mengunjungi korban letusan letusan Gunung Merapi.

"Saya gembira atas pengertian tamu negara kita, Perdana Menteri Australia. Semula ada acara state dinner, namun mengingat situasi di Indonesia, baik di Mentawai maupun di Jawa Tengah dan Yogyakarta, maka state dinner tersebut ditiadakan," kata Presiden ketika membuka sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (1/11/2010).

Sebelumnya, Presiden juga membatalkan acara jamuan makan malam bersama Presiden Vietnam, Nguyen Minh Triet, pada kunjungan kerjanya ke Hanoi, Vietnam, Minggu lalu. Pembatalan itu dilakukan karena Presiden akan meluangkan waktu untuk memantau perkembangan penanganan dampak letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan gempa bumi yang disusul dengan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Presiden sudah meminta komunikasi dengan Presiden Vietnam untuk membatalkan acara dinner," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Sudi menjelaskan, Presiden Nguyen Minh Triet sepakat dengan hal itu sehingga rencana jamuan makan malam secara resmi dibatalkan.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X