Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Sumbang Rp 500 Juta untuk Merapi

Kompas.com - 01/11/2010, 17:04 WIB

BOGOR, KOMPAS.com- Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mengirim bantuan berupa dana untuk tanggap darurat sebesar Rp 1,5 miliar bagi korban bencana di Mentawai dan Merapi.

"Ini wujud kepedulian kami sebagai sesama anak bangsa. Atas nama masyarakat Jawa Barat, kami segera mengirim Rp 1 mililar untuk masyarakat Mentawai dan Rp 500 juta untuk masyarakat korban letusan Gunung Merapi, kata Gubernur Ahmad Heryawan, sebagaimana siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemprov Jawa Barat, Senin (1/11/2010) siang.

Heryawan menjanjikan, peroses administrasi pencarian dana bagi korban bencana alam tersebut, selesai minggu ini juga. Sehingga, dana dapat digunakan secepatnya untuk meringankan para korban.

Berkaitan dengan persoalan bencana alam, Heryawan mengusulkan agar ada pengumpulan dana dari setiap pemerintah daerah. Tujuannya, agar ada dana tanggap darurat yang standby dan siap dicairkan bila sewaktu-waktu ada bencana.

Besaran disesuaikan dengan kemampuan masing-masing kas daerah, misalkan dari pemerintah kabupaten/kota ditetapkan berapa dan pemerintah provinsi ditetapkan berapa.    

"Kita harus membangun kebersamaan menanggapi banyaknya musibah bencana di tanah air. Dana yang kita kumpulkan bersama digunakan untuk kepentingan tanggap darurat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com