Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saldoku.com "Makan Korban" Ribuan Warga

Kompas.com - 31/10/2010, 20:39 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Janji arisan sosial berhadiah melalui jaringan internet www.saldoku.com membohongi ribuan warga yang tersebar di sejumlah provinsi. Website yang menjanjikan keuntungan ganda melalui uang Rp 100.000 itu dikelola Eko Saputra.

Kepada wartawan di Kupang, Karolus Kopong, warga Kupang, di Kupang Minggu (31/10/2010) menuturkan, dirinya mengenal saldoku.com melalui internet. "Saya tertarik karena testimoni dari ribuan orang di internet dengan foto diri, alamat dan pekerjaan. Mereka semua disebutkan sukses besar setelah mengikuti saldoku.com, dari modal awal Rp 100.000 sampai mendapat keuntungan puluhan sampai ratusan juta,"katanya.

Kamis (28/10/2010) ia mentransfer uang Rp 100.000 ke rekening Eko Saputra melalui BCA Kupang. Eko Saputra adalah menajer dan pengelola saldoku.com. Tetapi setelah uang ditransfer, dan dikonfirmasi kepada Eko Saputra, ia justru menjawab, uang Anda belum masuk ke rekening saldoku.com.

Kasus serupa juga terjadi pada Anton Buga, Mery Bueka, Moon Bake, Timor Goran, dan seterusnya. Iklan diinternet menyebutkan, 100 orang pertama dikenai potongnan Rp 100.000 karena harga keanggotaan saldoku.com sebenarnya Rp 200.000 per orang.

"Itu berarti sudah ribuan orang tertipu melalui program ini, dan pelaku sendiri sudah mendapat keuntungan jutaan rupiah. Karena itu masyarakat harus hati hati terhadap janji, tawaran dan informasi informasi melalui dunia maya," kata Karolus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com