Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas

Kompas.com - 31/10/2010, 15:03 WIB
EditorTri Wahono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas pada Minggu (31/10/2010) sekitar pukul 15.00 WIB. Sampai saat ini sudah terjadi dua luncuran awan panas yang mengarah ke hulu Kali Gendol di arah tenggara.

Demikian dilaporkan fotografer Kompas.com, Kristianto Purnomo. Dari pengamatan di lapangan, ia melaporkan, awan panas pertama terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Kemudian diikuti luncuran awan panas berikutnya sekitar pukul 15.15 WIB. Awan panas yang terjadi kali ini terlihat cukup tebal.

Ini merupakan luncuran awan panas yang kesekian kali sejak Merapi meletus kembali pada Selasa (26/10/2010) petang. Merapi sudah beberapa kali mengeluarkan awan panas dan dua kali letusan eksplosif. Letusan eksplosif terakhir terjadi Sabtu (30/10/2010) dini hari yang menyebabkan hujan abu di Kota Yogyakarta.

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.