Korban Tewas Mentawai Sudah 413 Jiwa

Kompas.com - 30/10/2010, 13:30 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com Jumlah korban meninggal akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai hingga hari Sabtu (30/10/2010) sudah mencapai 413 jiwa.

Berdasarkan data resmi yang dirilis situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 10.00, korban tersebut berasal dari 7 desa di 4 kecamatan dengan rincian 41 orang di Kecamatan Sipora Selatan, 154 orang di Kecamatan Pagai Selatan, 209 orang di Kecamatan Pagai Utara dan 9 orang di Kecamatan Sikakap. 

Korban meninggal yang paling banyak berada di Dusun Sabeugunggung dan Munte, Desa Belumonga, Kecamatan Pagai Utara, masing-masing sebanyak 98 orang.

Sementara itu, korban hilang dilaporkan sebanyak 303 orang dengan korban terbanyak berada di Dusun Sabeugunggung 160 orang. Korban luka berat sama dengan data sebelumnya, yaitu 270 orang. Adapun korban luka ringan bertambah 20 orang menjadi 162 orang.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat, pengungsi yang sudah terdata bertambah menjadi 12.935 jiwa dengan sebaran 7.784 jiwa di Kecamatan Pagai Selatan, 3.656 jiwa di Kecamatan Pagai Utara, dan 1.495 jiwa di Kecamatan Sikakap.

Dua dusun yang paling parah mengalami bencana adalah Dusun Munte dan Dusun Sabeugunggung yang terletak di Desa Batumonga, Kecamatan Pagai Utara. Di sana, jumlah rumah rusak berat masing-masing sebanyak 74 dan 64 unit. Total rumah rusak berat di 4 kecamatan adalah 497 unit, sedangkan rumah rusak ringan sebanyak 204 unit.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.