Warga Pesisir Mentawai Bakal Direlokasi

Kompas.com - 30/10/2010, 10:50 WIB
EditorAsep Candra

PADANG, KOMPAS.com -  Para korban gempa dan tsunami maupun warga di kawasan pesisir barat Kepulauan Mentawai akan direlokasi ke tempat lain. Pemerintah juga tengah membuat aturan yang melarang warga untuk tinggal di kawasan pesisir ini.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai rapat tertutup dengan jajaran aparatur daerah terkait penanganan pascagempa-tsunami di Mentawai.

"Itu (warga relokasi) merupakan keinginan dan perintah langsung dari pak Presiden. Dalam waktu dekat, beliau akan menerbitkan peraturannya, entah itu berupa Inpres atau PP (peraturan pemerintah)," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah kini tengah membangun rumah-rumah penampungan sementara untuk warga di kawasan pesisir. Diperkirakan sebanyak 4.000 rumah sementara akan dibangun. Lokasi tempat penampungan ini berada di wilayah-wilayah yang lebih tinggi, yaitu di dekat perbukitan.

Tim dari Kementrian Pekerjaan Umum sudah ke lokasi untuk merancang rumah-rumah penampungan. Kawasan pesisir ke depannya tidak boleh digunakan untuk pemukiman, tegasnya kemudian.

Diakuinya, relokasi ini mungkin tidak berjalan mudah, mengingat mayoritas warga Mentawai hidup sebagai nelayan di daerah pesisir. Namun, itu dilakukan demi keselamatan warga mengingat daerah pesisir, khususnya di bagian barat, sangat rawan dengan bencana tsunami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.