Benda Cagar Budaya di Mentawai Selamat

Kompas.com - 30/10/2010, 06:46 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Benda Cagar Budaya (BCB) masing-masing berupa 2 bunker Jepang di Desa Muara Seberut, Kecamatan Siberut Selatan, dan 1 rumah tradisional Suku Satairarak dan 1 rumah tradisonal Suku Saurai, keduanya berada di Desa Mailepet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai  selamat dari bencana Tsunami.

"Wilayah Siberut Selatan tidak terkena bencana tsunami, sehingga 4 BCB tersebut selamat," kata Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar, Sumatera Barat (Sumbar) Fitra Arda dalam laporannya kepada Crisis Cenger Budpar di Jakarta, Jumat siang (29/10).

Fitra mengatakan, petugas BP3 Batusangkar akan melakukan inventarisasi benda cagar budaya di kawasan Pagai Utara, sebagai daerah yang paling parah terkena bencana tsunami. "Di daerah ini belum ada BCB yang terdaftar di kantor kita. Karena sulit mencari informasi, maka kalau ada informasi kita akan segera ke sana," kata Fitra Arda.

Gempa tektonik berkekuatan 7,2 skala richter yang menimbulkan tsunami melanda kawasan Pagai Utara, Mentawai, Sumbar pada Senin (25/10). Musibah tsunami ini mengakibatkan korban jiwa ratusan orang dan harta benda.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.