Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permukiman Warga Direlokasi ke Bukit

Kompas.com - 29/10/2010, 10:00 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Pemerintah segera membangun rumah-rumah sederhana di perbukitan Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, untuk korban tsunami di daerah tersebut. Rumah-rumah itu untuk penampungan sementara hingga adanya bantuan bagi warga untuk mendirikan tempat tinggal yang baru di daerah perbukitan.

"Rumah-rumah itu akan dibangun dengan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pembersihan lokasi menjadi tanggung jawab pemerintah lokal," kata Ketua BNPB Syamsul Muarif didampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, Kamis (28/10/2010) malam.

Rumah relokasi itu diutamakan bagi warga yang rumahnya roboh dan hilang disapu tsunami. Warga yang direlokasi tidak dibolehkan lagi kembali ke pesisir pantai untuk mendirikan kembali rumahnya.

Untuk membangun rumah relokasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terpaksa menebang kayu hutan di Pulau Sipora. Penebangan kayu dilakukan karena dipastikan bahan bangunan berupa papan dan balok yang siap pakai tidak tersedia daerah bencana tersebut. Namun, menurut Gubernur, penebangan tersebut sudah seizin Kepala Kepolisian Daerah dan Kejaksaan dan hanya untuk kepentingan tanggap bencana.

Irwan percaya, pembangunan rumah relokasi akan cepat dilaksanakan, apalagi korban tsunami sudah bersedia direlokasikan dari permukiman lama yang telah porak poranda karena gempa dan tsunami. Rumah itu dibangun secara bertahap, mana yang selesai langsung ditempati dan pendataan korban yang akan menempatinya tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com