Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tsunami Cari Sendiri Keluarganya

Kompas.com - 28/10/2010, 17:56 WIB

PAGAI UTARA, KOMPAS.com — Sebagian korban bencana tsunami yang menghajar sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pencarian sendiri untuk menemukan anggota keluarga mereka yang masih hilang.

Dusun Sabeugunggung, Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang merupakan satu wilayah terparah diluluhlantakkan tsunami, Kamis (28/10/2010), sebagian warganya tampak masih tampak melakukan pencarian sekalipun banyak di antaranya yang menyerah. Dusun itu bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam pelayaran pada wilayah perairan terbuka dengan gelombang laut yang tidak bisa diprediksi.  

Korban tewas di lokasi itu diperkirakan mencapai lebih dari 200 orang, yang sebagian besar di antaranya belum ditemukan. Bau dari jenazah yang tersebar pada sejumlah titik pada radius hingga satu kilometer dari bibir pantai tercium menyengat.

Kurangnya kantong jenazah dan lokasi jenazah yang tertimbun di bawah pepohonan tumbang dan reruntuhan bangunan rumah menyebabkan banyak jenazah belum bisa dievakuasi.

Kurangnya personel di lokasi terdampak yang selama ini belum terjamah itu menjadikan persoalan makin kompleks.

Kompas, yang bersama sembilan anggota Basarnas Kota Padang ke lokasi tersebut pada Kamis (28/10/2010) pagi, menemukan tidak ada lagi rumah warga yang berdiri di dusun dengan jumlah penduduk total sekitar 260 orang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com