Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Mentawai Menjadi 337 Orang

Kompas.com - 28/10/2010, 17:56 WIB

PADANG, KOMPAS.com — BPBD Sumbar mencatat korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Mentawai yang telah ditemukan sebanyak 337 orang.

"Sebelumnya korban meninggal dunia sebanyak 311 orang, namun saat ini bertambah menjadi 337 orang yang telah ditemukan," kata Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar Ade Edwar, Kamis (28/10/2010).

Menurut dia, data tersebut didapat dan dilaporkan BPBD Mentawai kepada BPBD Sumbar pada setiap satu jam.

"Setiap satu jam, BPBD Mentawai memberikan laporan kepada BPBD Sumbar mengenai data korban tewas dan warga hilang," katanya.

Dia mengatakan, warga yang hilang akibat diterjang gempa dan tsunami di Kabupaten Mentawai mencapai 338 jiwa.

"Untuk korban luka berat sebanyak 265 orang, luka ringan 140 orang, dan warga dalam pengungsian sebanyak 4.000 jiwa," katanya.

Sekolah yang rusak sebanyak empat SD dan satu unit gedung SMP, sedangkan fasilitas umum yang rusak antara lain gereja sebanyak empat unit, puskesmas tiga unit, 426 rumah warga rusak berat, 200 rumah warga rusak ringan, jembatan 10 unit, serta jalan P2D sepanjang 8 kilometer.

Dia mengatakan, dari pulau yang ada di Kabupaten Mentawai, tercatat dua pulau yang terparah akibat terjangan gempa dan tsunami, yakni Pulau Pagai Selatan dan Pagai Utara.

Menurut dia, korban pengungsian yang berada di Kecamatan Pagai Selatan Desa Bulasat diperkirakan 2.400 jiwa pada Dusun Luranabana, Limoksu, Maonai, dan Moping. Mereka belum mendapatkan bantuan.

"Lokasi tersebut sangat sulit dicapai oleh tim bantuan dan juga disebabkan kekurangan bahan bakar minyak (BBM) untuk menuju tempat tersebut melalui laut," katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com