Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis SMS di Mentawai dan Merapi

Kompas.com - 28/10/2010, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Korban bencana alam akibat letusan Gunung Merapi dan tsunami di Mentawai dan para relawan yang tengah membantu tanggap bencana kini bisa mengirim SMS tanpa dibebani biaya ke semua operator. Namun, layanan ini sementara baru disediakan Telkomsel.

Seiring pulihnya jaringan yang melayani masyarakat di lokasi bencana alam tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta, Telkomsel menggratiskan layanan SMS ke semua operator. Layanan SMS gratis ini berlaku bagi semua pelanggan kartuHALO, simPATI, dan Kartu As yang sedang berada di kedua wilayah bencana tersebut.

"Layanan SMS gratis ini merupakan wujud kepedulian Telkomsel terhadap para korban bencana dan untuk membantu kelancaran dan kenyamanan lalu lintas komunikasi semua pihak dalam berkoordinasi selama masa pemulihan kondisi pascabencana," ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dalam siaran persnya, Kamis (28/10/2010). Disebutkan, saat ini ke-5 menara base transceiver station (BTS) Telkomsel di Kepulauan Mentawai dan 30 BTS di wilayah Gunung Merapi beroperasi dengan normal. Namun, tak disebutkan sampai kapan layanan ini akan diberlakukan.

Selain layanan SMS gratis, Telkomsel juga telah membuka 6 posko pelayanan pelanggan di sekitar wilayah Gunung Merapi, terdiri dari 1 Media Centre di Yogyakarta (Posko Utama Pakem), 2 posko di Yogyakarta (Posko Kantor Desa Hargo Binangun dan Posko SMP 2 Hargo Binangun), 1 posko di Klaten (Posko Desa Keputraan), serta 2 posko di Magelang (Posko Balai Desa Tanjung dan Posko Balai Desa Dukun).

Di setiap posko pelayanan tersebut tersedia layanan telepon gratis, kartu perdana gratis, voucer isi ulang pulsa gratis, akses internet gratis, dan layanan pengisian baterai ponsel gratis. Posko serupa saat ini sedang didirikan untuk membantu para korban bencana tsunami di Kepulauan Mentawai.

Telkomsel melalui tim Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) juga membuka posko tanggap darurat di sekitar lokasi bencana dan titik pengungsian yang menyediakan layanan kesehatan gratis dan dapur umum, serta bantuan selimut, sarung, handuk, pembalut wanita, dan lain-lain sebagai bentuk kepedulian sosial bagi para korban bencana.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana alam di Mentawai dan Merapi, Telkomsel menyediakan layanan donasi melalui akses *811# atau SMS donasi yang cukup dilakukan dengan mengetik DONASI, lalu kirim ke 5000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com