Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Terbang ke Mentawai

Kompas.com - 28/10/2010, 14:27 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (28/10) siang terbang ke Mentawai memantau dampak bencana gempa dan tsunami di daerah itu.

Presiden beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu terbang menggunakan dua helikopter Super Puma milik TNI AU. Rombongan bertolak melalui Bandara Internasional Minangkabau Pukul 11.03 WIB.

Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono sempat menginap semalam di Padang. Rencananya, rombongan akan memantau perkembangan terkini dari wilayah terparah yang terkena bencana tsunami seperti Pagai Utara dan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai.

Presiden terpaksa mempersingkat kunjungannya di luar negeri untuk melihgat langsung korban bencana di Mentawai. Bahkan, ia membatalkan jamuan makan malam dengan Presiden Vietnam.

"Secara moral, beliau merasa tidak nyaman untuk mengikuti jamuan, sementara tanah air ditimpa bencana. Selama di luar negeri, Pak Presiden memang terlihat cemas, meski sudah menugaskan wapres. Makanya, beliau memutuskan langsung kembali ke tanah air," tutur Staf Ahli Presiden Bidang H ubungan Internasional Teuku Faizasyah.

Belum diketahui sampai kapan Presiden akan berada di Padang. Sehari sebelumnya, Presiden menggelar rapat tertutup bersama sejumlah menteri, pemerintah dan pimpinan lembaga terkait untuk membahas penanganan pasca-bencana di Mentawai dan Gunung Merapi.

Gedung VIP Bandara Minangkabau dua hari terakhir penuh sesak dengan pejabat-pejabat negara, pemda, wartawan dan para pasukan pengamanan presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com