Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Selamat Mengungsi Tanpa Tenda

Kompas.com - 27/10/2010, 21:52 WIB

MENTAWAI, KOMPAS.com — Banyak korban selamat dari gempa dan tsunami di Mentawai, Sumbar, masih mengungsi di perbukitan Pulau Pagai dan bermalam tanpa tenda.

Menurut Hermansyah, pegawai Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, hingga Rabu malam, masih banyak warga Sipora bertahan di perbukitan.

"Mereka bermalam di bawah pohon dan benda-benda yang bisa melindungi dari rasa dingin, belum ada tenda di sana," kata warga Pulau Pagai, Hermansyah, Rabu (27/10/2010) malam.

"Di antara mereka yang mengungsi terdapat anak-anak dan orang tua dan harus bertahan tanpa tenda di malam hari," tambah Hermansyah.

Sementara bahan makanan sudah mulai mengalir kepada para pengungsi yang datang dibawa para relawan dan tim SAR sejak Rabu siang.

"Untuk bahan makanan, sudah ada yang datang dan sangat membantu para korban yang mengungsi," katanya.

Warga yang mengungsi adalah korban yang rumahnya rusak berat, hilang atau tidak bisa ditempati lagi setelah diguncang gempa dan dilanda gelombang tsunami.

Selain itu, mereka yang mengungsi adalah korban selamat yang masih takut dan khawatir gempa susulan.

Hermansyah menyebutkan, para pengungsi mengharapkan bantuan tenda secepatnya sehingga warga bisa terlindung dari rasa dingin saat bermalam di perbukitan, apalagi hujan masih sering terjadi.

Rabu malam, cuaca cukup baik dan tidak ada hujan sehingga bisa mengurangi rasa dingin warga yang bermalam tanpa tenda di perbukitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com