Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantamal Padang Kirim KRI ke Mentawai

Kompas.com - 26/10/2010, 22:09 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Laksamana Aswad, mengatakan, satu Kapal Republik Indonesia (KRI) dari Aceh sedang dalam perjalanan menuju Mentawai, Selasa (26/10/2010).

"Kemudian pada Rabu (27/10/2010), satu unit helikopter dari Lanud Juanda akan merapat ke Padang, membawa tim ahli," kata Aswad.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Brigjen (Pol) Andayono mengatakan, pihaknya membawa 75 personel Polda Sumbar dan Korem dengan menggunakan sejumlah kapal kecil, tetapi terpaksa balik kanan karena buruknya cuaca. "Kami akan coba berangkat lagi malam ini," kata Andayono.

Sejauh ini, petugas terkait sedang berupaya melakukan evakuasi dan pertolongan terhadap para korban ataupun warga di Mentawai yang terkena dampak gempa. Anggota Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sumbar bersama Tim Basarnas, TNI, dan relawan saat ini dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap ratusan warga yang dinyatakan hilang.

"Regu penyelamat saat ini sudah siap menuju lokasi. Selain melakukan evakuasi, tim juga akan membawa bantuan untuk para korban," ungkap Ketua Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sumbar, Harmensyah. (Tribunnews/Harismanto Jambak)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com