Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tewas, 103 Hilang

Kompas.com - 26/10/2010, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mencatat, empat orang meninggal dan 103 orang hilang saat tsunami menyapu sejumlah desa di Mentawai pascagempa berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang wilayah itu.

"Kami masih terus melakukan pendataan. Tim kami masih terus bekerja di lapangan. Bukan tidak mungkin angka itu bertambah," ujar Kepala BPBD Sumatera Barat, Herman, yang dihubungi Kompas.com, Selasa (26/10/2010).

Lokasi gempa berada di 78 km barat daya Pagai Selatan Mentawai, Sumatera Barat, dengan kedalaman 10 km. Pakar gempa dari Universitas Andalas, Dr Badrul Mustapa Kemal, mengatakan, gempa mengakibatkan tsunami setinggi dua meter di Pulau Mentawai.

"Tsunami setinggi dua meter yang terjadi itu antara lain ditandai dengan ada perahu nelayan yang tersangkut di darat. Informasi tersebut berasal dari pemantau relawan Australia, counterpart (mitra) Sucofindo," kata Badrul Mustapa di Padang, Selasa (26/10/2010).

Berdasarkan data situs BMKG, gempa itu pada awalnya dinyatakan berpotensi tsunami. Namun, sekitar 25 menit kemudian, mereka merilis kabar bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com