Pengedar Uang Palsu Diringkus

Kompas.com - 20/10/2010, 12:54 WIB
Editor

Teguh Budi Setiawan (42) diringkus aparat Kepolisian Resor Banyumas di Lapangan Porka, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jumat (15/10), saat hendak menjual uang palsu dengan nilai nominal Rp 3 juta. Warga Desa Jatisaba, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, itu terbukti membawa uang palsu berupa pecahan Rp 50.000 sebanyak 62 lembar. Uang itu akan dijual seharga Rp 1 juta untuk 60 lembar.

Kepala Kesatuan Reserse dan Kriminal Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Zaenal, Selasa (19/10), mengatakan, Teguh sudah dua kali menjual uang palsu kepada beberapa orang di Banyumas. Uang palsu itu dia peroleh dari pengedar uang palsu di Solo.

"Total uang palsu yang sudah dia edarkan nilainya diperkirakan lebih dari Rp 5 juta," kata Zaenal.

Teguh yang bekerja sehari-hari sebagai buruh bangunan ini mengaku terpaksa menjual uang palsu karena penghasilannya sangat minim. "Kalau jual uang palsu, hasilnya agak lumayan," kata Teguh yang kini ditahan di Polres Banyumas. (mdn)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.