Diperiksa 8 Jam, Winasa Tak Ditahan

Kompas.com - 19/10/2010, 20:00 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com — Setelah diperiksa sekitar 8 jam, Bupati Jembrana I Gede Winasa, tersangka korupsi pengadaan mesin pabrik kompos, akhirnya keluar dari ruang pemeriksaan Satuan IV Tipikor Polda Bali pukul 19.00 Wita, Selasa (19/10/2010). Dengan pengawalan aparat Provos Polda Bali, Winasa langsung menuju mobilnya di halaman parkir Polda Bali.

Winasa mengaku tidak ada hal-hal yang memberatkan dalam pemeriksaan tersebut. “Normal-normal saja. Kita ikut-ikut saja,” ujar Winasa kepada wartawan saat hendak menuju mobilnya.

Meski dalam pemeriksaan pertama ini Winasa tidak ditahan, ia mengaku siap jika nantinya harus mendekam di balik jeruji besi.

“Ya kalau memang aturannya,” ungkap Winasa.

Menurut tim penyidik, dalam pemeriksaan tadi, Winasa telah bersikap kooperatif. “Sementara itu, beliau sudah menjawab kooperatif apa yang saya tanyakan, sudah terjawab sama beliau. Nanti pembuktiannya kan di pengadilan,” ungkap AKB Komang Suwirya, Kasat IV Tipikor Direskrim Polda Bali, seusai pemeriksaan.

Untuk saat ini, tim penyidik tidak bisa melakukan penahanan karena harus menunggu surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Penahanan kita akan tunggu surat resmi dari Presiden,” kata Suwirya.

Penyidik akan berkirim surat kepada Presiden terkait hasil pemeriksaan Winasa setelah masa jabatannya sebagai Bupati berakhir tanggal 15 November mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pemeriksaan tadi, Winasa dicecar 79 pertanyaan terkait korupsi pengadaan mesin pabrik kompos yang merugikan negara lebih dari Rp 2,3 miliar. Tim penyidik juga sempat mengajukan pertanyaan kasus pencucian uang yang berkaitan dengan korupsi kompos tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.