Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tani Nasional di DIY

Kompas.com - 14/10/2010, 18:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Raya Tani Nasional yang diadakan 15-17 Oktober 2010. Acara tersebut diikuti oleh Asosiasi Pasar Tani atau Aspartan dari 23 provinsi.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIY Nanang Suwandi, Kamis (14/10/2010) mengatakan, dalam acara ini, setiap peserta akan memamerkan produk pertanian unggulan di daerahnya masing-masing.

"Di acara ini, produsen pertanian diharapkan bisa bertemu langsung dengan konsumen sehingga rantai penjualan yang panjang bisa dipotong. Dengan begitu, produsen pertanian bisa mendapat harga jual yang lebih baik," katanya.

Menurut Nanang, selama ini petani tidak bisa mendapat hasil penjualan panen yang bagus karena jalur penjualan sangat panjang. Mereka tidak bisa bertemu langsung dengan konsumen maupun pembeli besar, sehingga harus berhubungan dengan pedagang perantara.

Mereka juga harus mengeluarkan ongkos transportasi untuk mengangkut hasil panen ke pasar. Sistem pasar tani diharapkan bisa menjembatani pertemuan petani dengan konsumen maupun pedagang besar.

Dalam acara yang diadakan di pelataran Jogja Expo Center ini, DIY akan memamerkan produk unggulan seperti beras organik, buah-buahan dan produk makanan olahan yang telah dikemas. Nanang berharap, Pekan Raya Tani Nasional yang baru pertama kali digelar ini bisa menjadi agenda tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com