Keuntungan Blok Mahakam Menggiurkan

Kompas.com - 09/10/2010, 12:07 WIB
EditorAchmad Subechi

SAMARINDA, KOMPAS.com-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Timur tidak usah ikut campur dengan bisnis inti (pengelolaan) sumur minyak dan gas bumi dari Total E&P Indonesie (TEPI) di Blok Mahakam. Pasalnya, keuntungannya memang sangat menggiurkan tetapi baru diraih dalam waktu lama.

Setidaknya begitu dianjurkan Penasihat Forum Daerah Penghasil Migas Dr Rudi Rubiandini yang ditemui dalam acara Sarasehan Media TEPI di Cisarua, Jabar.  "Keuntungan baru bisa didapat pada 18 tahun. Hanya perusahaan besar yang bisa melakukannya," kata Rudi.

Lamanya waktu yang diperlukan untuk mendapatkan titik impas, menuju laba, karena bisnis inti pertambangan Migas membutuhkan dana sangat besar dengan teknologi tinggi. Tingkat keberhasilan eksploitasi juga hanya 30 persen, dengan kata lain, risiko gagal sangat tinggi. Rudi mengimbau para pemerintah daerah di Kaltim agar mengarahkan BUMD-nya ikut berbisnis penunjang saja. Menurutnya, selain tidak membutuhkan teknologi  tinggi, bisnis ini juga tidak butuh investasi sebanyak bisnis intinya.

"Justru bisnis penunjang sangat memiliki prospek karena selama ada pertambangan inti, bisnis penunjang akan terus untung dan keuntungan cepat didapatkan," ujarnya.

Bisnis penunjang yang dimaksudkan seperti jasa-jasa untuk mendukung berlangsungnya pertambangan. "Tidak perlu gagah-gagahan terjun bisnis inti, tapi uangnya tidak dapat-dapat," ujarnya.

Sebagai contoh,  pemerintah kabupaten dan kota serta Pemprov di Jateng dan Jatim lewat BUMD-nya belum juga mendapatkan keuntungan dari share pengelolaan di Cepu yang dikelola Exxon Mobile. "Padahal dana mereka yang dicemplungin bisa jadi dana dari utangan yang harus dibayar bersama bunganya," ujar Rudi. (tribunnews/ewa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.