Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Putus, Wasior Gelap Gulita

Kompas.com - 05/10/2010, 19:47 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Tiga mesin pembangkit listrik milik PLN Jayapura di Kabupaten Wasior, ibu kota Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, rusak akibat diterjang banjir bandang yang melanda kawasan itu, Senin (4/10/2010).

Humas PLN Cabang Jayapura, Dermawan Uloli, di Jayapura, Selasa, mengatakan bahwa rusaknya tiga mesin itu membuat PLN Jayapura tidak bisa mendistribusikan listrik ke wilayah itu. Putusnya aliran listrik membuat kawasan itu saat ini gelap gulita.

"Saat ini, kami tidak bisa melayani pelanggan di Wasior karena rusaknya tiga mesin yang biasa dipakai untuk mendistribusikan listrik ke wilayah itu," katanya. Dia menjelaskan bahwa tiga mesin itu masing-masing berkekuatan 500 kilowatt, sedangkan beban puncak di Kabupaten Wasior 800 kilowatt.

Total pelanggan tetap di wilayah itu mencapai 608 pelanggan, sedangkan yang dikelola pemerintah setempat sebanyak 400 pelanggan. "Sebagian dikelola oleh pemda karena itu merupakan bentuk kerja sama antara PLN dan pihak pemerintah setempat," ujarnya.

Ketika disinggung langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi masalah itu, pihaknya akan mengirim tim pendahulu ke lokasi bencana banjir bandang untuk mengecek kerusakan mesin pada Rabu pagi. "Tim yang berjumlah lima orang itu sudah berangkat sekarang. Namun karena kapal yang berangkat menuju Kabupaten Wasior terbatas, keberangkatan mereka itu kami tunda sehari," ujarnya.

Dengan mendatangkan tim pendahulu ke lokasi bencana, dia berharap bahwa pihaknya dapat mengatasi masalah dengan cepat sehingga kebutuhan listrik di daerah itu dapat terpenuhi kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com