Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan Dua PLB Kalbar Ditunda

Kompas.com - 02/10/2010, 18:20 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pembukaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Aruk, Kabupaten Sambas dan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ditunda setahun lagi. Penundaan dilakukan karena Indonesia dan Malaysia sama-sama belum menyelesaikan pembangunan infrastruktur.

Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan dan Kerja Sama Kalimantan Barat Robert Nusanto, Sabtu (2/10/2010) mengatakan, penundaan pembukaan dua pos pemeriksaan lintas batas itu disepakati dalam pertemuan bidang sosial ekonomi Indonesia dan Malaysia di Kuching, Negara Bagian Serawak, Malaysia, 22 Agustus lalu.

Rencana semula, PPLB Aruk yang berbatasan dengan Biawak, Malaysia akan dibuka pada Oktober 2010, sedangkan Badau yang berbatasan dengan Lubuk Antu pada tahun 2011. Dengan kesepakatan baru di Kuching, Aruk akan dibuka pada 2011 sedangkan Badau dibuka pada 2012.

Robert Nusanto mengatakan, penundaan itu didasarkan pada pertimbangan belum selesainya pembangunan infrastruktur pos pemeriksaan di kedua negara. Selain Aruk dan Badau, ada dua pos pemeriksaan lagi di Kalbar yang diusulkan agar bisa dibuka, yakni Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang dan Jasa, Kabupaten Sintang. Selama ini, Kalbar dan Serawak terhubung melalui PPLB Entikong, Kabupaten Sanggau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com