Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperkenalkan Batik Klasik Jawa Timur

Kompas.com - 23/09/2010, 17:19 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Untuk memperkenalkan batik klasik sebagai salah satu kekayaan produk budaya, Museum House of Sampoerna Surabaya bekerja sama dengan Komunitas Batik Surabaya (Kibas) menggelar pameran batik bertajuk "Koleksi Batik Klasik Jawa Timur", 24 September-10 Oktober 2010 di Galeri Seni House of Sampoerna, Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Selamai warga Jawa Timur lebih mengenal batik klasik Jawa Tengah, khususnya Solo dan Yogyakarta, daripada batik klasik Jawa Timur. "Kalau awalnya batik klasik buatan para perajin Jawa Timur sekadar dipamerkan, tahun ini konsepnya diubah untuk dijual," kata Manajer Museum House of Sampoerna Surabaya Rani Anggraini. 

Dalam pameran batik kali ini, Komunitas Batik Jawa Timur memajang kurang lebih 50 batik klasik dengan aneka corak dan motif sehingga menarik untuk dicermati sekaligus diapresiasi oleh khalayak, khususnya penggemar dan pecinta produk budaya batik. Apalagi setiap corak dan motif batik klasik Jawa Timur memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda.

"Batik Tulak buatan tahun 1910 itu diyakini bisa untuk penyembuhan dan motif batik seperti itu sudah langka," kata Lintu Tulisyantoro, Ketua Kibas.

Dia berharap, pameran kali ini bisa menggugah masyarakat untuk makin mencintai batik, terutama batik Jawa Timur, karena beberapa dari koleksi ini sudah tidak bisa ditemukan lagi di pasaran. (TIF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com