Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantura Mulai Padat

Kompas.com - 13/09/2010, 14:08 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Memasuki hari kedua setelah Lebaran (H+2), Senin (13/9/2010), lalu lintas balik di kawasan jalur pantai utara (pantura) Jawa mulai mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibanding dua hari terakhir.

Tingkat kepadatan terjadi di beberapa titik, terutama selepas Tol Palikanci Cirebon. Pusat kepadatan pertama terjadi tepat di pintu keluar Tol Palikanci di Desa Tegalkarang, Palimanan, Cirebon. Tempat ini menjadi titik pertemuan antara kendaraan yang baru saja keluar dari tol dan rombongan balik sepeda motor. Dari kawasan Tegalkarang, kepadatan mencapai titik Arjawinangun.

Selepas itu, jalanan cukup lancar sampai Pamanukan. Setelah itu, kemacetan terjadi pada lajur Pamanukan-Ciasem, Subang. Mobil dan motor hanya bisa bergerak di kisaran 10 kilometer per jam.

Hal tersebut terjadi karena adanya tumpukan sepeda motor yang tengah mengisi bahan bakar. Antrean di beberapa SPBU di sepanjang jalur tersebut sampai keluar area sehingga membuat lalu lintas macet.

Selain itu, kemacetan juga terjadi karena banyaknya tempat istirahat dadakan yang dikelola masyarakat lokal. Setiap kali ada sepeda motor, bus ataupun mobil jenis lain ingin masuk dan keluar, lalu lintas pun tersendat.

Sekadar peringatan bagi Anda yang baru akan masuk wilayah Pamanukan ke barat, Anda perlu berhati-hati karena saat ini kondisi jalan licin akibat hujan yang tengah "menyapa" jalur pantura Pamanukan-Subang. (Tribunnews/bud)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com